BAB 11 INDUSTRIALISASI DI INDONESIA

1. Konsep dan Tujuan Industrialisasi
Menurut saya , Industrialisasi merupakan gabungan antara perkembangan teknologi dan inovasi untuk menciptakan suatu produk yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tidak semua negara memiliki industrialisasi yang baik. Tujuan industrialisasi adalah meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi , meningkatkan ekspor , dan meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan teknologi. Industrialisasi ini sangat memberikan dampak yang baik bagi perekonomian suatu negara.


2. Faktor-Faktor Pendorong Industrialisasi
Untuk membangun industri yang baik dalam suatu negara pasti dibutuhkan beberapa faktor pendorong , diantaranya :
·         Kemampuan menciptakan teknologi
·         Memiliki inovasi-inovasi
·         Kualitas sumber daya manusia yang dimiliki
·         Pertumbuhan pendapatan per kapita
·         Kebijakan , peraturan dan strategi pemerintah dalam perekonomian
·         Kondisi perekonomian suatu negara


3. Perkembangan Sektor Industri Manufaktur Nasional
Di saat ekonomi mulai menurun berbagai industri berlomba-lomba mencari cara agar usahanya tidak tutup. Industri ini merupakan alat penyerap pengangguran terutama di negara Indonesia. Tingkat industri sangat dipengaruhi oleh tingkat konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat sehingga mempengaruhi juga perkembangan industri terutama di bidang manufaktur. Industri manufaktur sekarang ini sedang mulai berkembang karena semakin berkembangnya juga berbagai teknologi yang dipadukan dengan inovasi terbaik. Semakin berkembangnya industri manufaktur juga karena masyarakat lebih memilih barang yang sudah siap dipakai dengan harga yang pas dengan kantong.


4. Permasalahan Industrialisasi
Berkembangnya industrialisasi memang memberikan banyak dampak yang baik terutama bagi perekonomian di berbagai negara. Namun industrialisasi juga memiliki berbagai permasalahan yang terjadi. Berikut merupakan permasalahan dalam industrialisasi :
a.       Kurangnya pengetahuan tentang teknologi
Seperti contohnya Indonesia yang masyarakatnya kurang dalam hal teknologi karena biasanya Indonesia hanya impor berbagai alat ataupun mesin berteknologi canggih.
b.      Sumber daya manusia rendah
Kualitas SDM yang rendah ini juga menimbulkan masalah bagi industri karena tidak adanya kemauan dari masyarakat untuk belajar agar bisa maju dalam hal ekonomi.
c.       Kurangnya kerjasama antar pemerintah , industri dan lembaga pendidikan
Seharusnya pemerintah melakukan kerjasama yang baik antar pemerintah , pemiliki industri dan lembaga pendidikan. Kerjasama itu dapat meningkatkan kualitas SDM dan dapat membantu ekonomi menjadi baik.


5. Strategi Pembangunan Sektor Industri
Dalam membangun sebuah industri tidak mudah karena kita harus mempertimbangkan berbagai hal agar industri itu berjalan dengan baik secara terus-menerus. Untuk membangun sektor industri ini dibutuhkan juga kerjasama dengan pemerintah. Pembangunan sektor industri harus memperhatikan pasar dan asal bahan baku. Industri boleh saja dibangun asal tidak mengganggu ekosistem lingkungan dan tidak merusak alam disekitar. Agar industri berjalan baik para konsumen juga harus mulai mencintai produk dalam negeri dan tidak bergantung pada barang impor. 


Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan

Tempat dan Kedudukan Perusahaan