Aneka Makanan Khas Cirebon

Hai para pecinta kuliner!!! Pasti diantara kalian masih ada yang belum tahu tentang masakan ataupun makanan khas dari seluruh penjuru di Indonesia kan ?  Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang makanan khas dari kota kelahiran saya yaitu kota Cirebon. Kota yang disebut juga kota udang ini mempunyai banyak sekali makanan khas yaitu empal gentong , empal asem , tahu gejrot , docang , dan nasi lengko. Dari semua makanan itu mempunyai rasa yang khas dan berbeda dari yang lainnya.
Yang pertama saya akan mengulas tentang empal gentong dan empal asem. Empal gentong ini disajikan dalam sebuah mangkuk yang berisi daging sapi dan jeroannya lalu disiram dengan kuah kaldu dengan diberi taburan daun kucai dan jeruk nipis. Untuk empal gentong tidak disediakan sambal seperti makanan lainnya namun digantikan dengan bubuk cabai. Sedangkan empal asem sama seperti empal gentong yang berisi daging dan jeroan sapi namun disiram dengan kuah bening yang terbuat dari asam jawa. Kedua makanan ini biasanya dihidangkan dengan nasi atau lontong. Untuk menikmati empal gentong ini saya membelinya dipinggir jalan dekat pasar yang memang sudah terkenal enak. Berikut gambar dari empal gentong :


Makanan kedua khas Cirebon adalah tahu gejrot. Tahu gejrot ini merupakan makanan ringan yang terdiri dari tahu dipotong-potong , cabai dan bawang merah yang ditumbuk kasar , lalu disiram dengan kuah dari gula. Yang membuat makanan ini unik adalah disajikan dalam sebuah piring kecil yang terbuat dari tanah liat. Biasanya makanan ini dapat dijumpai dipinggir jalan dan adapula yang berjualan keliling menggunakan gerobak kecil. Makanan ini paling enak dinikmati saat sore hari. Sekarang ini tahu gejrot sudah gampang kita jumpai disekitaran Jakarta.


Dan yang ketiga adalah DOCANG , makanan enak ini memang hanya ada di Cirebon. Namanya unik seperti rasanya. Rasa khas yang dimiliki docang ini membuat para pecinta kuliner ingin makan lagi dan lagi. Biasanya docang ini disantap saat sarapan pagi karena porsinya tidak terlalu banyak dan cukup membuat perut kenyang.
Docang ini terdiri dari kuah yang terbuat dari cabai , bawang merah & bawang putih , terasi dan oncon yang tumbuk kasar lalu ditumis hingga wangi. Kuah yang dibuat tadi disiram kedalam piring yang berisi lontong , daun singkong dan tauge. Krupuk putih adalah teman yang wajib dalam menyantap makanan ini. Docang ini akan lebih nikmat bila ditambah dengan sambal. Bila pecinta kuliner ingin menyoba makanan ini mudah sekali ditemukan dipinggir jalan terutama pada pagi hari.

Dan makanan khas kota udang yang terakhir adalah nasi lengko. Nasi lengko ini juga menjadi makanan favorit saya loh ketika pulang ke Cirebon. Makanan khas Cirebon ini juga biasanya dinikmati saat pagi hari sebelum beraktifitas. Nasi lengko terdiri dari nasi putih , tempe & tahu yang dipotong kecil dan diberi sambal kacang dan kecap lalu ditaburi dengan daun kucai dan bawang goreng. Tetapi maaf ya para pecinta kuliner saya belum sempat memiliki foto dari nasi lengko ini hehehe… 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Tempat dan Kedudukan Perusahaan

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan