Tempat dan Kedudukan Perusahaan


          Tempat dan kedudukan letak perusahaan adalah salah satu faktor yang penting dalam suatu perusahaan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Pemilihan letak dan tempat perusahaaan harus benar-benar selektif karena berkaitan dengan kemudahan dan efisiensi dalam biaya produksi. Dengan demikian letak dan tempat keduduka perusahaan harus diputuskan dengan hati-hati berdasarkan fakta yang lengkap , ditinjau dari aspek ekonomi maupun aspek teknis. Pertimbangan terhadap kebutuhan pada saat pendirian , pemilihan letak dan tempat  perusahaan harus pula mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan dimasa yang akan datang baik dalam hal perluasaan pabrik, produksi, daerah pemasaran hasil produksi, perubahan dan perluasan bahan baku.
            Tempat kedudukan perusahaan adalah tempat pusat perusahaan tersebut untuk mempermudah perusahaan baik kelancaraan hubungan dengan lembaga lain seperti lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya. Sedangkan , letak perusahaan ialah  tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor penting terutama efisiensi biaya dan waktu seperti pengangkutan bahan baku dan lain-lain.
Letak perusahaan dibagi menjadi empat , yaitu :

1. Letak perusahaan dekat dengan bahan baku , karena untuk mempermudah efisiensi waktu dan untuk menghindari kerusakan bahan baku serta bahan baku tidak mudah busuk.
Contoh : Pabrik pengalengan ikan biasanya terletak di tepi laut atau dekat dengan laut karena untuk menghindari kerusakan bahan baku dan tidak busuk.

2. Letak perusahaan terikat dengan sejarah , yaitu perusahaan yang berdiri berdasarkan asal usul barang tersebut.
Contoh : Perusahaan batik di Jogja , Pekalongan , Cirebon yang mempunyai ciri khas sejak adanya batik tersebut di daerah itu.

3.   3. Letak perusahaan yang ditentukan Pemerintah , perusahaan ini biasanya mencemarkan lingkungan atau memiliki alasan lain seperti faktor keamanan, politik , kesehatan dan lain-lain.
Contoh : Perusahaan pertamina biasanya diletakkan daerah khusus Industri karena dapat menimbulkan bahaya pencemaran untuk manusia.

4.  4.  Letak perusahaan berdasarkan faktor-faktor ekonomi , perusahaan macam ini biasanya letaknya ditentukan oleh faktor ekonomi.
Contoh : Pabrik Teh yang biasanya berdiri di dekat kebun teh , hal ini karena untuk menghemat biaya angkut.  


Sumber :http://usaginoempire.blogspot.com/2012/12/tempat-kedudukan-dan-letak-perusahaan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan