PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL

      Setiap perusahaan akan melakukan kegiatan produksi untuk mencapai keuntungan maksimal. Perusahaan bukan hanya sekedar menjual barang atau jasa namun juga memiliki tujuan perusahaan untuk membuat perusahaan tersebut maju. Karena perusahaan tidak bisa berjalan begitu saja tanpa tujuan untuk dicapai. Tujuan yang dimiliki setiap perusahaan juga untuk mempertahankan eksistensinya untuk bersaing dengan perusahaan lainnya.
Tujuan yang dimiliki perusahaan ada 2 yaitu tujuan ekonomis ialah menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan/ inovatif dan tujuan sosial yaitu  memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
            Untuk mencapai semua tujuan perusahaan membutuhkan bantuan orang lain atau lembaga lain dengan cara berinteraksi. Seperti contohnya menjalin kerjasama dengan perusahaan lain , menjalin hubungan kekerabatan dengan masyarakat sekitar perusahaan, sering meminta pendapat mengenai kekurangan perusahaan terhadap konsumen. Perusahaan juga bisa menjadi lembaga sosial dalam bermasyarakat.

            Lembaga sosial adalah organisasi dalam bentuk kesadaran sosial yang dibentuk dan bertujuan untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana organisasi sosial mendapatkan pemasukan atau modal yang berasal dari sumbangan, hibah, atau subsidi dari pemerintah dan dermawan yang menjadi sumber pendapatannya. Perusahaan bisa menjadi donatur untuk lembaga sosial. Perusahaan harus menyisihkan sebagian laba yang didapatkan untuk membantu panti asuhan, fakir miskin atau lembaga sosial lainnya.

Sumber            : http://pringganugraha.wordpress.com/71-2/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan

Tempat dan Kedudukan Perusahaan