Perkembangan Ekonomi Syariah

Perkembangan Ekonomi Syariah

            Dalam beberapa tahun ini kita mulai bahkan sering mendengar mengenai Ekonomi Syariah yang kemudian berkembang seiring dengan berjalannya waktu menjadi Perbankan Syariah . Perbankan Syariah ini memang dikembangkan untuk beberapa kalangan yang beragama islam . Sekarang ini bahkan bukan hanyak perbankan syariah saja yang berbentuk syariah adapula asuransi yang menawarkan asuransi syariah .
            Ekonomi Syariah ini merupakan ilmu ekonomi yang menerapkan nilai-nilai atau aturan islam di dalamnya . Ekonomi syariah berbeda dari kapitalisme , sosialisme maupun negara kesejahteraan karena islam menentang eksploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh yang miskin dan melarang penumpukan kekayaan . Ekonomi dalam Islam harus mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat , rasa adil , kebersamaan , kekeluargaan serta mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setriap pelaku usaha .
            Perbankan Syariah merupakan  perbankan yang berlandaskan kepada aturan-aturan atau syariat-syariat islam yang ada di Al-Qur’an dan Hadits . Sejak lahirnya Ekonomi Syariah pemerintah mengeluarkan Undang-Undang no.10 tahun 1998 yang isinya pemberian arah agar bank konvensional membuka cabang perbankan syariah . Setelah peraturan pemerintah itu keluar mulai bermunculan bank-bank konvensional yang membuka divisi bank syariah . Berikut beberapa bank yang membuka divisi bank Syariah :
1. Mandiri Syariah
2. Bukopin Syariah
3. BNI Syariah
4. Muamalat

5. Panin Bank Syariah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Tempat dan Kedudukan Perusahaan

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan