Akuntansi

AKUNTANSI

Pada artikel Saya kali ini Saya akan berbagi sedikit ilmu tentang Akuntansi yang pernah saya pelajari saja saat Saya di SMA. Ilmu Akuntansi yang saya pelajari di SMA mungkin hanya dasar-dasar Akuntansi saja belum sedalam saat kita mempelajarinya di Perguruan Tinggi. Akuntansi merupakan bagian dari mata pelajaran Ekonomi , meskipun bagian dari Ekonomi namun Akuntansi mempunyai ciri khas sendiri yang membedakannya dari Ekonomi.
Akuntansi bisa disebut juga sistem pencatatan atau sistem pembukuan. Pada tahun 1494 terbit sebuah buku tentang pembukuan berpasangan yang ditulis oleh seorang Pemuka Agama dan Ahli Matematika bernama Lucas Paciolo. Buku itu berjudul Summa De Arithmatica , Geometrica dan Proportioni et Proportionalita. Menurut Saya, Akuntansi adalah proses pengidentifikasian ,pengukuran dan pencatatan suatu transaksi antara pelaku ekonomi sebagai bahan pertimbangan bagi pemakai informasi Akuntansi .
Dalam Akuntansi pun ada beberapa orang yang berperan sebagai pemakai informasi Akuntansi . Pemakai informasi tersebut adalah Investor, Karyawan , Kreditur , Pemerintah , Masyarakat , Direktur , dll . Saya akan menjelaskan satu persatu manfaat informasi Akuntansi bagi para Pemakainya . Untuk Investor informasi ini penting karena dia perlu mengetahui resiko modal yang telah atau akan ditanamkan di perusahaan tersebut . Bagi Karyawan pun perlu untuk mengetahui seberapa besar balas jasa dan manfaat pensiun mereka . Kreditur pun ingin mengetahui agar dia tahu apakah pinjaman & bunga yang dia berikan dapat dibayar saat jatuh tempo . Informasi Akuntansi ini juga berguna bagi Pemerintah supaya Pemerintah tahu berapa besar pajak yang harus dibayarkan perusahaan ini . Bagi Masyarakat juga membutuhkan untuk menjadi bahan penelitian mereka mengenai keuangan Perusahaan itu . Namun jangan ketinggalan pula Direktur juga perlu diberikan Informasi ini agar beliau mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang dia pegang setiap penutupan buku .
Di Akuntansi juga ada beberapa istilah seperti Debit dan Kredit . Akuntansi mempunyai 3 proses yang wajib dilalui yaitu tahap pencatatan , tahap pengikhtisaran dan tahap pelaporan . Di tahap pencatatan kita mencatat semua transaksi ke dalam jurnal . Sedangakan jika sudah masuk ke dalam jurnal semua transaksi tadi dikelompokkan lebih spesifik lagi ke dalam Buku Besar . Jika semua sudah selesai tahap selanjutnya kita hanya membuat laporan saja . Laporan Akuntansi pun ada 3 yaitu laporan Laba/Rugi , laporan Perubahan Modal , laporan Neraca.
Informasi diatas tadi itu hanya sebatas pengetahuan Saya saja mengenai Akuntansi , jadi mungkin masih belum lengkap dan belum lebih mendalam .


Sumber :

Buku Accounting 1 for Senior High School

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Tempat dan Kedudukan Perusahaan

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan