Perkembangan Terakhir dalam Etika Bisnis dan Profesi

Etika bisnis adalah salah satu hal yang penting diterapkan dalam sebuah perusahaan/organisasi agar tercipta hubungan yang baik. Selain itu, etika bisnis dapat digunakan sebagai pedoman untuk seluruh anggota perusahaan dalam mengerjakan sebuah pekerjaan yang berlandaskan norma dan moral serta sikap yang profesional.
Menurut K. Bertens (2001), etika bisnis berkembang dari masa ke masa, yaitu :
a.       Situasi Dahulu
Sejak awal sejarah filsafat, Plato, Aristoteles, dan fiksuf Yunani lain menyelidiki bagaimana cara mengatur kehidupan manusia bersama dalam negara dan bagaimana kehidupan ekonomi serta kegiatan niaga dapat diatur.
b.      Masa Peralihan (tahun 1960-an)
Pada masa ini ditandai dengan beberapa kejadian seperti pemberontakan yang terjadi antara kuasa dan otoritas di negara Amerika Serikat, revolusi mahasiswi di ibukota Perancis, dan penolakan terhadap establishment (kemapanan). Dengan adanya kejadian tersebut bidang pendidikan manajemen menambahkan mata kuliah yaitu Business and Society dengan topik pembahasan Corporate Social Responsibility (CSR).
c.       Masa Peralihan (tahun 1970-an)
Pada masa ini, etika bisnis muncul pada bidang akademik. Beberapa bagian buku-buku difokuskan membahas etika bisnis dari filsafat moral dan makro atau perspektif normative serta permasalahan mikro. Sebagian filsuf pun melibatkan diri dalam memikirkan masalah-masalah etis sekitar dunia bisnis dan etika bisnis yang dianggap sebagai tanggapan tepat atas krisis moral yang sedang meliputi dunia bisnis di Amerika Serikat.
d.      Etika Bisnis meluas ke Eropa (tahun 1980-an)
Di Eropa Barat, etika bisnis berkembang sebagai ilmu baru sepuluh tahun kemudian. Etika bisnis yang meluas pada tahun 1980-an ini memberikan dampak besar pada praktiknya yaitu pada industri pertahanan dan inisiatif yang kemudian dikembangkan untuk membimbingan dukungan perusahaan terhadap perilaku etis.
e.       Etika Bisnis menjadi Fenomena Global (tahun 1990-an)
Pada masa ini etika bisnis sudah meluas ke seluruh dunia. Namun pada saat ini juga terjadi masa kritis sehubungan dengan krisis etika global dan perkembangan kebijakan publik yang dirancang untuk melembagakan etika bisnis diseluruh dunia.
f.       Tahun 2000-an
Program etika bisnis di Amerika Serikat dikembangkan pada perusahaan publik dan menjadi lebih dilembagakan oleh Pedoman Hukuman Federal untuk organisasi, khususnya tahun 2004 amandemen dan Undang-Undang Sarbanes Oxley (2002).

Sumber :
Bertens, K. 2001. Etika. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Tempat dan Kedudukan Perusahaan

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan