DEFINISI KOPERASI

Setelah 70 tahun koperasi lahir sebagai sokuguru perekonomian nasional Indonesia , koperasi terus berkembang dan memberikan manfaat yang nyata bagi perekonomian nasional kita.
Ada banyak pengertian atau definisi dari berbagai orang sesuai dengan pandangan mereka masing-masing. Koperasi berasal dari bahasa latin yaitu coopere. Sedangkan dari bahasa Inggris yaitu cooperation, co berarti bersama dan operation berarti bekerja. Maka cooperation berarti bekerjasama. Bekerjasama dalam hal ini mempunyai makna yaitu, bekerjasama dengan orang-orang yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama untuk dicapai. Bekerjasama bisa dalam berbagai bidang, namun dalam koperasi bekerjasama yang dimaksud ialah bekerjasama dalam bidang ekonomi. Menurut C.G Enriquez (1986), Koperasi adalah menolong satu sama lain (to help one another) atau saling bergandengan tangan. Sedangkan menurut Bung Hatta sebagai bapak koperasi Indonesia, koperasi ialah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong yang didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan dalam semangat seorang buat semua dan semua buat orang. Menurut Saya, Koperasi adalah sebuah organisasi yang membantu perekonomian banyak orang yang dimana anggotanya selalu mendahulukan kepentingan orang lain dan berlandaskan pada azas kekeluargaan. Salah satu contoh peran koperasi dalam perekonomian rakyat yaitu dengan meminjamkan modal bagi para calon pengusaha, sehingga koperasi juga berperan mengurangi pengangguran.
Dalam koperasi dikenal juga istilah organisasi koperasi. Menurut Hans H. Muenkner pengertian organisasi koperasi dapat dibedakan menjadi tiga , yaitu :
  1.  Bidang ekonomi : Koperasi adalah organisasi ekonomi yang anggotanya memiliki sekurang-kurangnya satu kepentingan ekonomi yang sama, bermotivasi swadaya dalam perusahaan yang dibiayai dan diawasi bersama dengan sasaran meningkatkan kemajuan perusahaan rumah tangga anggota (promosi anggota).
  2. Bidang sosiologi : Organisasi koperasi adalah perkumpulan orang yang sepakat bekerjasama selama satu periode tertentu atas dasar persamaan dan dibawah suatu kepemimpinan yang diawasi secara demokratis, untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ekonomi bersama.
Koperasi ini sangat membantu sekali bagi banyak orang terutama bagi rakyat kalangan bawah karena koperasi ini berisi orang-orang yang bergabung secara sukarela untuk menolong satu sama lain dan meningkatkan solidaritas antar warga.



Sumber :
Limbong, Bernhard. 2010. Pengusaha Koperasi Memperkokoh Fondasi Ekonomi Rakyat. Jakarta: Margaretha Pustaka.

Kartasapoetra, G. , Ir. A.G. Kartasapoetra, Drs.Bambang S. , Drs.A.Setiady. September 1993. Koperasi Indonesia. Jakarta: PT.RINEKA CIPTA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Tempat dan Kedudukan Perusahaan

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan