Konsep Bisnis "Rainbow Store"

             Di zaman sekarang ini anak-anak , remaja hingga dewasa sedang menggemari sesuatu yang menarik dan selalu menjadi trend di masa kini. Sekarang banyak pengusaha lain menciptakan sesuatu yang menarik mata konsumen apalagi sesuatu yang berwarna, enak dan murah meriah sehingga menjadi banyak peminatnya.
            Saya pun akan membuat sesuatu yang sedang menjadi trend dan bahkan menjadi banyak peminat setiap generasi dari muda hingga tua. Saya akan membuat sebuah toko yang bertemakan sesuatu yang ceria yaitu pelangi atau yang sering disebut “rainbow”. Tujuan saya membuat usaha ini untuk menarik pelanggan terutama para anak-anak kecil dan remaja yang sedang menyukai trend seperti ini. Prinsip saya dalam berbisnis ini adalah saya tidak akan memasang harga terlalu tinggi , biarkan berharga terjangkau namun selalu habis setiap hari karena berbisnis makanan akan gampang basi dan pasti merugi. Toko ini akan saya beri nama “Rainbow Store” dan toko saya ini berbentuk perusahaan perseorangan.
            Di dalam toko saya nantinya akan saya dekorasi dindingnya dengan wall stiker berwarna pelangi serta meja, kursi , lampu hias dan etalase saya pilih warna putih atau bertema vintage. Nantinya saya akan menjual permen lolipop , kue , cupcake , roti bakar , pudding , minuman yang semua itu berwarna-warni layaknya pelangi. Semua makanan dan minuman akan saya sajikan semenarik mungkin dan harganya akan saya sesuaikan dengan kantong masyarakat. Toko saya akan bangun di sekitar kampus , pinggir jalan atau mungkin di dalam mall yang sekiranya banyak orang melihat dan penasaran untuk masuk membeli sesuatu yang saya jual.
            Toko saya tidak akan saya kelola sendiri , nantinya saya akan merekrut empat orang untuk menjadi pegawai saya. Dua orang akan saya letakkan di bagian produksi dan satu orang lagi saya akan letakkan di bagian depan atau kasir. Bila digambarkan akan seperti ini :
Saya akan berperan pengelolaan toko saya di bidang akuntansinya atau rekapan hasil penjualan setiap bulannya tetapi sesekali akan membantu di bagian kasir apabila ada waktu luang. Untuk pegawai bidang produksi akan saya pilih dari orang yang memang mampu dalam pembuatan kue , bolu dll misalnya dari anak-anak lulusan SMK tata boga, sedangkan pegawai bagian kasir akan saya ambil dari anak lulusan SMK Akuntansi. Empat orang pegawai saya akan digaji sebesar Rp. 400.000-Rp. 500.000/ bulan. Harga untuk makanan dan minuman yang saya jual berkisar dari Rp.5.000 sampai Rp. 50.000 saja , dengan harga segitu mungkin akan lebih menarik pelanggan lagi.  Dalam toko saya akan mengutamakan rasa dan bentuk. Misalkan saja sekarang harga-harga kebutuhan sedang naik karena bbm saya akan mengurangi porsinya tanpa mengubah rasa dan bentuk agar para konsumen saya tetap puas.

            Sebuah bisnis tidak akan ada orang yang tahu tanpa ada pemasaran atau pengiklanan. Saya akan mengiklankan melalui media sosial berupa facebook, twitter, instagram , bbm dll. Bahkan nanti saya akan membuat akun sendiri di instagram,facebook dan twitter yang kebanyakan orang sering memakainya. Di akun instagram, facebook dan twitter itu akan saya selalu update foto-foto produk yang sedang tersedia di toko agar memudahkan pembeli untuk melihat lebih dahulu menu-menunya pada hari ini. Saya juga akan menyebarkan brosur di kampus-kampus , sekolah dan tempat keramaian lainnya yang ada di kota saya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 8 & 9 PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH DAN OTONOMI DAERAH

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap Perusahaan

Tempat dan Kedudukan Perusahaan